IHH Sambangi DPR, Begini Kata Kabareskrim

Eramuslim.com – Kuasa Hukum lembaga kemanusiaan Insani Yardim Vakfi (IHH), Sefa Özdemir, mendatangi Indonesia guna bertemu Wakil Ketua DPR RI, Fadli Zon. Özdemir diterima di ruang kerja Wakil Ketua DPR di Gedung Nusantara III, Komplek Parlemen Senayan, Jakarta pada Selasa (21/03).

Pertemuan yang difasilitasi oleh Tim Pengacara Muslim (TPM) ini bertujuan untuk mengklarifikasi sekaligus meminta bantuan DPR dalam menyelesaikan persoalan terkait tuduhan Kapolri terhadap lembaga itu. Kapolri Jenderal Tito Karnavian menuding IHH menyalurkan bantuan dari Indonesia kepada kelompok teroris di Suriah.

Terkait kunjungan ini, Kabareskrim Mabes Polri, Komjen Ari Dono Sukmanto, mengatakan bahwa perkataan Kapolri di depan Anggota DPR beberapa waktu lalu sudah benar dan berdasar fakta.

“Pak Kapolri bilang seperti itu (IHH salurkan dana kemanusiaan ke organisasi teror, red) berdasarkan fakta, dan itu prosesnya masih berlangsung,” ungkapnya pada Kiblat.net, di Jakarta Utara, Rabu (22/3).

Ari Dono enggan memberi komentar lebih lanjut. Dia beralasan bahwa kasus itu masih dalam proses.

“Pak kapolri yang bicara, kita masih dalam proses, ya saya nggak bisa menanggapi apa yang dibicarakan pak kapolri, karena prosesnya masih berlangsung,” imbuhnya.

Dia menjelaskan bahwa proses yang dilalui banyak, di antaranya penyidikan, penyelidikan dan pengumpulan data. Saat ini, tegas Ari Dono, pihaknya dalam proses pengumpulan data.

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Tito Karnavian menuduh GNPF MUI telah mengirimkan sejumlah dana kepada kelompok teroris di Suriah melalui IHH. Pernyataan itu disampaikan Tito ketika Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi III DPR, bulan lalu, saat ramainya kasus kriminalisasi ulama pasca Aksi Bela Islam 212. (gj/kbl)