Ilmuwan Yahudi Pernah Ramal Indonesia Punah, Ini Analisisnya

Eramuslim – Capres nomor urut 02 Prabowo Subianto dalam pidato di hadapan kadernya menyebut negara bisa punah jika mereka tak menang. Rupanya salah seorang pemenang penghargaan Pulitzer, Jared Mason Diamond, pernah juga menyebut kemungkinan Indonesia runtuh atau punah.

“Ada beberapa peradaban yang sudah runtuh (collapse), seperti Somalia dan Rwanda dan bekas Yugoslavia. Ada juga peradaban yang mungkin dekat keruntuhan, seperti Nepal, Indonesia dan Kolombia,” kata Jared dalam acara pada Februari 2003 seperti dilihat detikcom di situs TED, Selasa (18/12).

Jared menyampaikan pemikirannya itu dalam waktu sekitar 15 menit dalam bahasa Inggris. Pada situs tersebut juga dilampirkan transkrip resmi dalam 30 bahasa, salah satunya Bahasa Indonesia.

Jared Mason Diamond saat di London tahun 2013. Foto: HiraV via Wikimedia Commons

Dia hanya sekali menyebut kata Indonesia dalam kesempatan itu. Lebih lanjut Jared menceritakan tentang penyebab keruntuhan sebuah peradaban.

“Bila seseorang mengatakan pada Anda bahwa penjelasan keruntuhan peradaban itu faktor tunggal, Anda segera tahu bahwa mereka adalah idiot. Ini adalah hal yang kompleks,” ujar Jared yang meraih penghargaan berkat bukunya yang berjudul ‘Guns, Germs, and Steels: The Fates of Human Societies‘ pada tahun 1998.

Jared merupakan pria kelahiran Boston, Massachusetts, Amerika Serikat (AS). Dia adalah anak dari keluarga Yahudi asal Eropa Timur.

Ilmuwan fisiologi University of California itu lebih membedah faktor penyebab kepunahan peradaban Viking Norse di Greenland pada tahun 1450. Selain peradaban Viking runtuh, orang-orang bangsa itu pun disebut Jared habis.