India Beli 3 Juta Alat Rapid Test Corona Buatan Orang Indonesia

Eramuslim.com – Sejumlah negara telah memesan alat rapid test virus corona SARS-CoV-2 buatan warga negara Indonesia bernama Santo Purnama, yang mendirikan perusahaan teknologi biosains di Singapura. Alat ini telah mendapat izin edar di Eropa, Amerika Serikat, dan India.

Otoritas India bahkan telah memesan 3 juta unit test kit Sensing Self. Alat tes serologi ini didesain untuk mengambil sampel darah dan mengecek antibodi pengguna terhadap virus corona SARS-CoV-2 penyebab pengakit COVID-19.

National Institute of Virology dan Indian Council of Medical Research mengotorisasi penggunaan produk di India yang kini memiliki total 3.588 kasus positif COVID-19.

Alat Sensing Self dapat mengeluarkan hasil dalam waktu 10 menit dengan tingkat keakuratan diklaim mencapai 92 persen. Untuk satu unit tes kit dibanderol dengan harga Rp 160.000.

Dalam hal ini, Sensing Self mengaku tidak mengambil untung sama sekali. Harga jual disamakan dengan ongkos produksi. Penjualannya di tengah wabah COVID-19 murni sebagai misi sosial perusahaan.

“Dulu ketika COVID-19 ini belum pandemi, kami bisa jual 20 sampai 21 USD. Kebanyakan di Eropa. Kami cari untung. Sejak awal kami memang perusahaan yang profitable. Tetapi ketika WHO menyatakan ini pandemi, kami jual dengan harga ongkos produksinya saja. Tidak ada untung. Sekitar Rp 160.000. Ini juga berlaku ke semua negara. Tidak ada untung. Kami ingin membantu,” ujar Santo.