Indonesia Banyak ‘Dilirik’ Saat Sidang Majelis Umum PBB, Ini Alasannya

Eramuslim.com – Puluhan pertemuan dalam rangkaian Sidang Majelis Umum ke-74 Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) telah menanti delegasi Indonesia. Di sisi lain, masih banyak pihak yang ingin bertemu dengan Indonesia,

“Jumlah 25 (pertemuan) untuk Pak Wapres dan 60 (pertemuan) untuk saya itu adalah the maximal that we can do karena banyak sekali yang masih meminta pertemuan,” kata Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi kepada wartawan di Kantor Perutusan Tetap Republik Indonesia untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa, New York, Amerika Serikat, Minggu (22/9/2019) waktu setempat.

Apa alasan Indonesia begitu ‘dilirik’ saat Sidang Majelis Umum ke-74 PBB?

Menlu Retno mengungkap alasannya. Salah satunya karena negara-negara anggota PBB tersebut memperhatikan capaian Indonesia dalam isu yang dibahas di Sidang Majelis Umum PBB. Isu yang diangkat tahun ini adalah ‘Galvanizing multilateral efforts for poverty eradication, quality education, climate action and inclusion’.

“Pada saat mereka ingin membahas isu yang terkait dengan apa yang kita capai, biasanya mereka ingin berbicara dengan kita,” ucapnya.

Negara-negara tersebut juga ingin bertemu dengan pemerintah Indonesia saat bicara mengenai masalah di Palestina. Itu karena Indonesia selama ini memiliki peran penting dalam isu tersebut.