Indonesia Harus Tiru Malaysia Yang Kebijakannya Pro Pribumi, Bukan Pro Aseng

pro pribumiEramuslim.com – Indonesia, menurut Ketua MPR RI, Zulkifli Hasan, perlu meniru kebijakan pro Bumi Putera yang dilakukan Malaysia. Pasalnya, kebijakan yang dilakukan sejak era PM Tun Razak ini berhasil mengatasi kesenjangan sosial.
“Kebijakan itu mampu mensejajarkan orang Melayu yang sebelumnya tertinggal dengan etnis lainnya menjadi sejajar. mampu menghilangkan kesenjangan sosial di sana,” ujar Zulkifli, Selasa (5/4/2016) di gedung parlemen, Senayan, Jakarta.
Zulhas mengatakan hal itu saat menerima kunjungan Duta Besar Malaysia Datuk Hashim. Zulkifli Hasan mengungkapkan kebijakan yang di masa Perdana Menteri Najib Tun Razak disebut rekayasa sosial itu bisa ditiru Indonesia.
Rekayasa sosial itu, kaum Pribumi diberi pendidikan gratis, bila bergerak di bidang usaha kecil dibantu oleh perbankan, dan mereka dipercaya mengelola pembangunan. Hal ini terbukti mengangkat derajat Pribumi sekaligus menutupi jurang kesenjangan.
Sebaliknya, Duta Besar Hashim mengakui Indonesia sudah semakin memasuki era demokrasi yang matang. Ini terjadi setelah sekitar 18 tahun reformasi. Malaysia jug berkeinginan membangun era demokrasi dengan baik.
Pada kesempatan tersebut Zulhas juga mengungkapkan sebagai negara serumpun, Indonesia dan Malaysia perlu terus meningkatkan kerjasama. Untuk itu Duta Besar Hashim mengundang Ketua MPR ke Malaysia.
Zulhas juga berpesan kepada Hashim agar bangsa Malaysia tetap hidup rukun. Gejolak politik yang terjadi diharapkan tidak membuat masyarakat negeri Jiran itu tercerai berai. Sebab jika itu yang terjadi hanya merugikan rakyat Malaysia sendiri.(ts/pm)