Indonesia Jajaki Kerjasama Pertahanan dengan India

Pemerintah Indonesia akan mengirimkan delegasi dari Departemen Pertahanan dan TNI AD ke India, guna melakukan penjajakan kerjasama bidang pertahanan dengan Pemerintah India.

Menteri Pertahanan Juwono Sudharsono dalam rapat kerja dengan Komisi I, di Gedung DPRRI, Jakarta, Senin (27/11) menyatakan, "India merupakan salah satu negara pengguna teknologi dibidang pertahanan, hal itu terbukti dengan sudah mampunya menghasilkan sukhoi dan rudal rahmos."

Menurutnya, dengan kemajuan teknologi yang dimiliki oleh India itu, diharapkan pengadaan suku cadang sukhoi Indonesia tidak perlu mengandalkan lagi negara Rusia ataupun negara Eropa lainnya, sebab harga dari India relatif lebih murah.

Di tempat yang sama, Ketua Komisi I DPRRI Theo L. Sambuaga mendukung kerjasama bidang pertahanan yang akan dibangun antara Indonesia dengan India, karena India merupakan negara yang cukup maju dalam segala bidanga termasuk dalam bidang pertahanan.

"Kerjasama ini untuk mengurangi ketergantungan kita terhadap AS, dalam hal pengadaan alat-alat pertahanan," tukasnya.

Ia mengingatkan, dalam kerjasama pengadaan alat-alat pertahanan Indonesia harus tetap berpatokan pada beberapa hal, antara lain sistem yang ditawarkan, harga dan kualitas yang sesuai dengan lokal content, dalam artian semaksimal mungkin setiap peralatanyang dibeli tetap memasukan unsur buatan dalam negeri. (novel)