Ingin Membongkar Kriminalisasi Ulama, Profil Natalius Pigai Dikerjain di Internet

Eramuslim.com – Komisioner Komnas HAM, Natalius Pigai menjadi korban editor internet tepatnya di situs Wikipedia.

Sejak Kamis pagi (18/5/2017), ketika pengguna internet yang mengetikan nama Natalius Pigai di situs pencarian Google, maka muncul kata-kata tak lazim di sebelah kanan web, atau kolom tampilan awal profil Natalius Pigai Wikipedia.

Di situ tertulis, maaf, “KING KONG I*** B**** S.I.P adalah seorang aktivis Indonesia”.

Di tampilan awal ada sedikit keterangan bahwa Pigai adalah salah satu dari sebelas anggota Komnas HAM. Di sana juga tertulis tempat dimana Pigai dilahirkan. Yakni pada 28 Juni 1975.

Namun ketika laman informasi mengenai Pigai di Wikipedia itu diklik, informasi mengenai dirinya tertulis nama yang sebenarnya. Yakni, Natalius Pigai, S.I.P

Hingga berita ini diturunkan, belum ada keterangan resmi dari yang bersangkutan.

Sebelumnya, Natalius Pigah tengah menjadi sorotan, lantaran rencananya meminta keterangan Imam Besar Front Pembela Indonesia (FPI). Dia mencium adanya upaya kriminalisasi terhadap para ulama.

Rencana Pigai ini lantas menuai friksi di internal Komnas HAM. Mereka menganggap statment Pigai hanya bersifat pribadi, bukan institusi. (kl/ps)

https://m.eramuslim.com/resensi-buku/pahlawan-akankah-hanya-menjadi-kenangan-untold-history-eramuslim-digest-edisi-9.htm