Ini 5 Perusahaan Penguasa Kelapa Sawit di Kalimantan Selatan, Ada Group Sinarmas

Eramuslim.com – Kalimantan Selatan ( Kalsel) jadi salah satu provinsi di Indonesia yang jadi penyumbang produksi minyak sawit atau CPO yang cukup dominan di Indonesia.

Data Direktorat Jenderal Perkebunan Kementerian Pertanian (Kementan) mencatat, luas lahan perkebunan kelapa sawit di Kalimantan Selatan mencapai 64.632 hektare.

Bahkan masih menurut Kementan, produktivitas kebun kelapa sawit Kalsel mencapai 3,92 ton per hektare.

Atau berada di urutan kedua tertinggi di Indonesia setelah Kalimantan Tengah yang produktivitas berkisar di angka 4,09 ton per hektare.

Sebagian besar perkebunan sawit di Kalsel dikuasai oleh perusahaan-perusahaan besar swasta.

Berikut ini daftar 5 korporasi penguasa perkebunan kelapa sawit terbesar di Kalsel seperti dirangkum pada Selasa (19/1/2021):

1. PT Agro Astra Lestari Tbk

PT Agro Astra Lestari Tbk merupakan anak perusahaan Grup Astra yang merupakan hasil merger dari beberapa perusahaan perkebunan.

Dikutip dari laman resminya per Oktober 2020, perusahaan mencatatkan produksi sawit sebesar 3,81 juta ton dari seluruh kebun sawitnya di Indonesia.

Masih di periode yang sama, perusahaan mencatatkan produksi CPO sebesar 1,17 juta ton. Sementara mengutip Laporan Tahunan 2019, perusahaan memiliki pabrik dan perkebunan kelapa sawit yang berada di Kalsel.