Ini Doa Rasulullah Ketika Lihat Diskon Besar-Besaran

Eramuslim – DISKON, sale, promo, atau apapun istilahnya, memang sangat menggoda. Siapa saja pasti tegiur datang ke mal yang menawarkan harga lebih rendah dari harga normal, khususnya bagi kaum hawa.

Shopping di mal memang menyenangkan, tapi kalau sudah kalap tabungan bisa kempes dan tagihan kartu kredit membengkak. Barang-barang yang dibeli pun kadang bukan barang yang dibutuhkan. Kebanyakan barang belanjaan hanya bikin isi lemari penuh tapi belun tentu terpakai.

Saudara Muslim seiman, keberadaan pasar atau mal memang merupakan godaan duniawi yang cukup berat. Sebab, ketika sedang berada di mal, orang sering lalai beribadah, dan lupa mengingat Allah Subahanahu wa Ta’ala.

Lalai dan lupa dengan urusan akhirat saat berda di mal bukan hanya terjadi pada pembeli, bahkan penjual pun demikian. Mereka sibuk menjajakan dagangannya sehingga lupa beribadah.

Oleh sebab itu agar terhindar dari hal-hal yang buruk saat masuk mal atau pasar sehingga membuat kita lupa dengan sang pencipta, maka baca doa sebagaimana anjuran Rasulullah SAW.

Dari Umar bin Khatab radhiyallahu ‘anhu, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Barangsiapa masuk pasar, kemudian dia membaca:

لاَ إِلَـهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرُ

LAA ILAAHA ILLALLAAH WAHDAHU LAA SYARIIKA LAH, LAHUL-MULKU WA LAHUL-HAMDU, WA HUWA ‘ALA KULLI SYAI’IN QODIIR.

“Tidak ada Tuhan yang berhak disembah selain Allah, Yang Maha Esa, tiada sekutu bagiNya dan Dia-lah Yang Maha Kuasa atas segala sesuatu”