Ini Cara Liciknya Pinjol Agar Tagihan Bengkak Berkali-kali Lipat

eramuslim.com  – Keberadaan pinjaman online (pinjol) ilegal membuat resah masyarakat. Selain penagihan yang dilakukan dengan cara yang melawan hikum, pinjol ilegal kerap kali mencekik debitur dengan bunga yang tinggi bahkan tidak masuk akal.

Banyak ditemukan debitur harus membayar cicilan hingga berkali-kali lipat. Hal ini membuat debitur semakin tercekik.

Polisi pun mengungkapkan rahasia mengapa tagihan pinjol bisa berkali-kali lipat. Salah satunya ternyata karena praktik ‘gali lubang tutup lubang’ yang ditawarkan pelaku pinjol kepada para debitur.

Terkuak Rahasia Tagihan Pinjol Bengkak Berkali-kali Lipat

Gali Lobang Tutup Lobang

Direktur Reskrimsus Polda Metro Jaya Kombes Auliansyah Lubis membongkar rahasia mengapa tagihan pinjol bisa membengkak. Rupanya, tawaran dari si pinjol untuk ‘gali lobang tutup lobang’ dengan pinjol-pinjol lainnya yang membuat tagihan pinjol ‘menggurita’.

Pinjol tersebut menawarkan ‘fasilitas’ pinjaman lain kepada debitur apabila tidak bisa melakukan pembayaran full.

“Bila kita melihat di sini ada kata-kata, ‘Apabila Anda tidak bisa bayar lunas full, Anda bisa dapat melakukan perpanjangan atau cicilan agar data Anda tidak dialihkan ke pihak ketiga atau namanya vendor. Saya mohon responnya buat pembayaran hari ini’,” terang Auliansyah, Jumat (22/10/2021).

Dengan kata lain, debitur diarahkan oleh si pinjol pertama selaku pemberi kredit untuk meminjam lagi di pinjol lain. Yang mana, pinjol lainnya itu adalah dari rekanan pinjol itu sendiri.

“Di sini dikatakan bahwa apabila dia tidak bisa membayar di pinjaman online yang saat ini, dia diarahkan untuk bisa meminjam ke peminjaman atau vendor lainnya dan vendor itu adalah mereka yang berasal dari satu perusahaan yang sama,” katanya.