Ini Motif Teroris KKB Bakar SMAN 1 Oksibil Papua

Eramuslim.com  -Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua diduga membakar SMAN 1 Oksibil, Papua. Polisi mengungkap motif pembakaran yang dilakukan oleh teroris KKB itu.

“KKB ini tidak setuju lihat pendidikan maju sehingga terjadi pembakaran sebelum subuh di SMAN 1 Oksibil,” kata Kepala Satgas Humas Nemangkawi Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal seperti dilansir Antara, Senin (6/12/2021).

Kamal menjelaskan Satgas Nemangkawi bersama Polres Pegunungan Bintang dan Satgas Pamrahwan menerima laporan kebakaran di SMAN 1 Oksibil yang berada di Jalan Yapimakot Kampung Esipding Distrik Serambakon, Kabupaten Pegunungan Bintang, Minggu (5/12) kemarin pukul 05.30 WIT. Laporan dari Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Oksibil Kasiono langsung ditindaklanjuti tim Polri menuju lokasi.

Pukul 06.44 WIT, Wakapolres Pegunungan Bintang bersama personel tiba di lokasi dan langsung mengecek tempat kejadian kebakaran sekaligus mengamankan Lokasi tersebut. Petugas juga melakukan olah TKP.

“Petugas lalu melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP),” kata Kamal.

Dari hasil olah TKP, diketahui kebakaran di SMA Negeri 1 Oksibil diduga terjadi pada pukul 04.00 WIT. Sementara itu, jarak Polres dengan TKP sekitar 10 km menuju arah Distrik Serambakon.

Kamal menyebut terdapat dua bangunan SMAN 1 Oksibil yang terbakar. Bangunan itu terdiri atas tiga ruang kelas, satu ruang kantor, dan 1 ruang guru.

“Kompleks SMAN 1 Serambakon ini terdiri atas 11 unit bangunan yang terbuat dari kayu/papan,” kata Kamal.