Ini Yang Akan Dilakukan Indonesia Jika Terpilih Jadi Anggota Tidak Tetap DK PBB

Eramuslim – Pemerintah Indonesia masih menggalang dukungan dari negara-negara lainnya untuk mencalonkan diri sebagai Anggota Tidak Tetap Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) 2019-2020. Jika terpilih, Indonesia berjanji akan mengirimkan 4.000 penjaga perdamaian.

“Kita kan punya visi 4.000 peacekeepers. Itu salah satunya. Selain itu ya isu-isu keamanan global itu akan menjadi isu yang kita ikut berkontribusi mencarikan solusinya,” ujar Wakil Menteri Luar Negeri Republik Indonesia A.M. Fachir di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (19/9).

Fachir mengatakan, selama ini Indonesia berkomitmen untuk turut menjaga dan menciptakan perdamaian serta keamanan dunia. Hal ini pun dibuktikan dengan mengirimkan pasukan perdamaian ke berbagai negara.

Menurut dia, jumlah pasukan perdamaian yang dikirimkan cukup besar. Bahkan, Indonesia masuk dalam delapan terbesar pengiriman pasukan perdamaian.

“Itu lagi-lagi wujud nyata dari kita ikut berkontribusi. Dan keikutsertaan kita atau keanggotaan tidak tetap kita di DK PBB antara lain adalah perwujudan dari itu,” ujarnya.

Karena itu, pemerintah juga masih mencari dukungan dari negara lain dalam pencalonan ini melalui sidang Majelis Umum PBB di New York. Menurut dia, lebih dari setengah negara anggota PBB pun telah memberikan dukungannya kepada Indonesia.

“Tentu saja itu yang kita lakukan sekarang, kita ingin meyakinkan negara-negara bahwa kita adalah mitra untuk perdamaian,” kilahnya.

Kira-kira nanti kalau sudah terpilih akan mengirimkan pasukan penjaga perdamaian ke Rakhine State juga? Wallahu ‘Alam Bishawab. (Rol/Ram)