Inikah 412 Demo Tandingan Aksi 212, Ikhlaskah Pesertanya Bila Dipaksakan?

 

Sejumlah Instansi Keluarkan Edaran Ikut Aksi 412

Surat edaran dari Agung Sedayu Group kepada karyawannya untuk mengikuti Aksi Kita Indonesia pada 4 Desember besok. (Istimewa)

Eramuslim.com – Sukses menggelar aksi Bela Islam III yang dihadiri jutaan umat Islam dengan tajuk 212, muncul aksi tandingan yang akan dilaksanakan pada 4 Desember besok. Aksi 412 mengusung tema ‘Kita Indonesia’.

Beberapa selebaran imbauan untuk mengikuti aksi 412 beredar di kalangan wartawan dan sosial media, Sabtu (3/12/2016), baik lembaga setingkat kementerian ataupun swasta. Hal yang sama juga dilakukan partai politik pendukung pemerintah.

Kementerian Perdagangan (Kemendag) , salah satunya , mengeluarkan surat edaran Nomor: 046/SJ-DAG/SE/11/2016 tentang Olahraga Bersama Menteri Perdagangan yang ditandatangani Sekjen Kemendag Srie Agustina pada 29 November 2016. Masing-masing Unit Eselon II diwajibkan mengirimkan peserta minimal 10 orang (PNS atau pegawai non-PNS dan keluarga).
Sejumlah Instansi Keluarkan Edaran Ikut Aksi 412
Penyerahan daftar nama peserta diberikan kepada Biro Umum selambat-lambatnya hari Rabu 30 November lalu. Peserta diwajibkan mengenakan kaos putih dan celana biru yang kemudian diarahkan menuju ke Gedung Sarinah.

Sementara, Partai Golkar lewat surat bernomor B.871/Golkar/XI/2016 arahan ketua umum dan ketua bidang pemenangan pemilu pada Sabtu 26 November 2016 yang ditindaklanjuti dengan Rapat Koordinasi Internal Partai Golkar mengeluarkan perintah kepada Ketua PP Indonesia I di DPD Golkar I, para ketua DPD dan anggota Fraksi Golkar agar mengambil peran dalam rencana Aksi Kebangsaan Indonesia pada 4 Desember 2016.
Sejumlah Instansi Keluarkan Edaran Ikut Aksi 412
Aksi kebangsaan ini akan berlangsung di seputaran Jalan Sudirman-MH Thamrin Jakarta yang diinisiasi oleh para ketua umum partai politik pendukung pemerintah, pemimpin ormas, dan tokoh masyarakat yang diperkirakan dihadiri 500.000 ribu peserta.

Golkar akan mengerahkan sebanyak 120.000 kader, anggota, simpatisan. 30.000 peserta dari DKI Jakarta diturunkan dengan 600 bus, dari Provinsi Jawa Barat menghadirkan sebanyak 67.500 peserta dengan menggunakan 1.350 bus, Provinsi Banten 27.500 peserta menggunakan 550 bus.

Biaya bus dan konsumsi peserta akan ditanggung oleh DPP Partai Golkar dan partisipasi bersama anggota DPR, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten. Tak tanggung-tanggung, Partai Golkar akan memberikan hadiah kepada peserta aksi dan kabupaten/kota yang terbaik dari segi jumlah, seragam, kerapian, kebersihan dan ketertiban. Total hadiah yang disediakan Rp250 juta dengan empat kategori juara.

Tak mau kalah, PT Bank Artha Graha lewat surat bernomor MAK/249/DSDM/XII/2016 pada 2 Desember juga memerintahkan seluruh karyawannya dari level kepala divisi, koordinator wilayah hingga sopir dan office boy untuk menghadiri acara Aksi Damai 4 Desember 2016 di Bundaran HI. Peserta diwajibkan mengenakan kaos kuning.
Sejumlah Instansi Keluarkan Edaran Ikut Aksi 412
Temuan Sindonews di medsos, pengembang Agung Sedayu Group juga mengeluarkan imbauan yang sama kepada seluruh karyawannya. Dengan tema ‘Aksi Kita Indonesia’, para karyawan diminta menghadiri jalan bersama di area Thamrin Sudirman dengan dress code topi merah, kaos putih, celana jeans, dan pita merah putih pada Minggu 4 Desember besok. (dz/sindo)