free hit counters
 

Innalillahi, Kiai NU Meninggal 1 Jam Usai Tuntun Syahadat Sakratulmaut Istri

Redaksi – Rabu, 28 Zulhijjah 1441 H / 19 Agustus 2020 11:30 WIB

Eramuslim.com -Berita kematian seorang kiai NU dan pasangannya di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, menjadi perhatian di media sosial. Pasalnya, kiai bernama H Muhammad Idrus Makkawaru (76) itu sempat menuntun istrinya, Siti Saniah (64), mengucapkan kalimat syahadat hingga sang kiai pun ikut meninggal berselang 1 jam kemudian.

Anak tertua almarhum, Ahmad Mujahid (51), membenarkan peristiwa itu saat ditemui di rumah duka di wilayah Kelurahan Katangka, Kecamatan Somba Opu, Gowa. Dia menyebut ibunya meninggal setelah Magrib sekitar pukul 18.30 Wita, sementara ayahnya menyusul satu jam kemudian atau selepas waktu Isya, Minggu (16/8).

“Ibu saya meninggal habis Magrib dituntun syahadat sama Bapak. Ndak lama setelah itu, habis Isya, Bapak juga ikut meninggal. Jadi hanya beda sekitar 1 jam,” kata Ahmad kepada detikcom, Selasa (18/8/2020).

Dia mengatakan ayah dan ibunya selama ini memang sama-sama menderita penyakit jantung. Saat kejadian, tiba-tiba almarhumah yang duluan mengalami gejala sesak napas.

“Di situlah kemudian dipompa jantungnya dan seterusnya. Lalu akhirnya seperti itu (sakratulmaut), orang Makassar bilang diantar (dituntun), dibimbinglah syahadat oleh bapak saya,” katanya.

Menurut Ahmad, saat meninggal, ibunya awalnya hanya disemayamkan di sebuah kamar atas permintaan ayahnya. Akan tetapi, karena banyak pelayat, ayahnya setuju untuk dipindahkan ke ruang tamu.

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2

Berita Nasional Terbaru