free hit counters
 

Insentif Nakes Belum Sepenuhnya Cair, Terkendala Syarat dan Rekening

Redaksi – Jumat, 14 Mei 2021 09:30 WIB

Eramuslim.com – SETELAH hampir lima bulan, insentif tenaga kesehatan (nakes) akhirnya terealisasi. Meski bertahap, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) berjanji pencairannya dilakukan dengan cepat.

”Kemarin (Senin (10/5) sudah cair untuk per Desember,” kata Yogaditya, perawat Rumah Sakit Darurat (RSD) Covid-19 di wisma atlet. Sementara untuk Maret dan April, dia masih harus menunggu. Namun, Yoga tak mempermasalahkan. Sebab, dia datang ke wisma atlet untuk menjadi relawan dan menganggap insentif itu hanya penghargaan.

Pendapat senada diutarakan dokter Helmi. Pria yang juga relawan di wisma atlet itu mengatakan betah sejak awal bergabung. Namun, dia juga mengakui bahwa saat terberat adalah ketika insentif tidak turun. Hal itu terjadi sekitar Desember hingga bulan ini. ”Kami bisa memahami, mungkin ada permasalahan di luar wisma atlet dan kami jadi kena imbasnya,” tuturnya.

Dia juga memberikan saran agar ada keseimbangan RSD dengan RS definitif. Nakes yang berada di RSD hanya mendapatkan penghasilan dari insentif. Sementara RS definitif, nakesnya mendapat gaji dan insentif. ”Makanya dulu pada awal keterlambatan, relawan pergi dan masuk rumah sakit yang definitif,” ujarnya.

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2

Berita Nasional Terbaru