Ira Koesno ke Ma’ruf Amin: Ini Debat, Bukan Pidato

Eramuslim.com – Penampilan calon wakil presiden nomor urut 01, Ma’ruf Amin dalam debat kandidat perdana, menuai perhatian. Sebab, Ma’ruf tak menjawab pertanyaan hingga sesi kedua hampir berakhir.

Saat diberi kesempatan menambahkan pernyataan Jokowi, Ma’ruf hanya berkata, “Sudah cukup, saya mendukung apa yang disampaikan Pak Jokowi,” ujar Ma’ruf.

Pada detik-detik terakhir sesi kedua, Ma’ruf Amin sempat menjawab soal disabilitas, usai Jokowi berbicara. Jokowi menjelaskan visi misi mereka dalam pemenuhan hak-hak disabilitas. Ma’ruf menambahkan, membangun budaya masyarakat untuk penghormatan terhadap kaum disabilitas, merupakan salah satu cara pemenuhan hak-hak kaum disabilitas.

Karena waktu terbatas, Ma’ruf tak sempat menyelesaikan perkataannya. “Kami sendiri pernah ditegur Allah ketika….,” ujar Ma’ruf tak sampai menyelesaikan perkataannya, lalu dipotong oleh moderator debat Ira Koesno.

“Ya, waktu sudah habis. Saya ingatkan, ini debat bukan pidato,” ujar Ira Koesno.

Debat malam ini bertemakan hukum, HAM, korupsi dan terorisme. Debat kandidat ini berlangsung selama 90 menit ini dan dibagi ke dalam enam segmen, yang dipandu Ira Koesno dan Imam Priyono. [tco]