Ironi Pemilu 2019, Partisipasi Rakyat Meningkat Tapi Dicurangi dengan Brutal

Eramuslim.com – Direktur Eksekutif Government dan Political Studies (GPS) Gde Siriana menilai penyelenggaraan pemilu 2019 sangat ironis.

Sebab, katanya, ketika partisipasi rakyat memilih meningkat dibanding pemilu-pemilu sebelumnya justru rakyat dihianati dengan kecurangan-kecurangan.

“Bayangkan, emak-emak dan rakyat kecil yang sudah berpartisipasi dalam pemilu sejak 6 bulan lalu jadi relawan tak dibayar, yang berharap Capres nya akan menang melalui proses pemilu yang adil dan jujur ternyata hanya menjadi korban dari pemilu yang curang. Saya kira banyak relawan-relawan dari kedua kubu yang juga ingin jagoannya menang dengan cara-cara jujur dan adil,” kata Gde Siriana, Sabtu (20/4/2019).

Ia melanjutkan kecurangan-kecurangan yang terjadi dalam pemilu 2019 agar dikumpulkan masyarakat. Menurutnya, kecurangan pemilu yang dikumpulkan oleh masyarakat merupakan bentuk partisipasi rakyat dalam pemilu bukan hanya di hari pencoblosannya saja, tetapi sejak kampanye sampai pengawasan penghitungan suara real count KPU.

“Selanjutnya akan bisa dilihat apakah kecurangan-kecurangan pemilu terjadi secara TSM, Terstruktur Sistematis dan Masif,” ujar Gde.