Isu Reshuffle Berembus, PKB Sindir Ada Menteri Kerjanya Malah Kampanye

Dua tahun kemudian, reshuffle kabinet diumumkan pada 17 Januari 2018, Rabu Pahing. Beberapa bulan kemudian, 15 Agustus 2018, Jokowi kembali melakukan reshuffle kabinet, lagi-lagi pada Rabu Pahing.

Reshuffle kabinet pertama pada periode kedua kepemimpinan Jokowi diumumkan pada 22 Desember 2020, yang jatuh pada Selasa Pahing. Saat itu Jokowi memperkenalkan enam menteri barunya. Namun pelantikan keenam menteri itu digelar pada Rabu Pon, 23 Desember 2020.

Pada April 2021, Jokowi kembali mengambil keputusan penting dalam kabinetnya pada hari Rabu, tepatnya Rabu, 28 April 2021. Nadiem Makarim dan Bahlil Lahadalia resmi mengemban jabatan baru di Kabinet Indonesia Maju. Mereka berdua dilantik Jokowi sebagai Mendikbud-Ristek dan Menteri Investasi dalam ‘reshuffle kabinet mini’ tersebut.

“Hanya Presiden yang berhak menyampaikan rencana reshuffle, karena hak prerogatif Presiden,” kata Jubir Presiden, Fadjroel Rachman, saat ditanya soal kemungkinan Jokowi mengumumkan reshuffle kabinet dalam waktu dekat, Kamis (23/9).(detik)