Jadi Presiden, Prabowo Janji Buat Uang Braille dan Beasiswa Bagi Anak-Anak Difabel

Eramuslim – Pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno menjanjikan akan membuat uang khusus tunanetra atau braille jika terpilih menjadi presiden dan wakil presiden nanti. Hal itu disampaikan Direktur Komunikasi dan Media Badan Pemenangan Nasional Prabowo-Sandiaga, Hashim Djojohadikusumo.

“Itu adalah salah satu komitmen kami untuk mata uang braille,” kata Hashim di Jalan Sriwijaya I, Jakarta Selatan, Jumat 16 November 2018.

Adik Prabowo ini menerangkan kebijakan itu karena banyak masukan dari kalangan tunanetra. Menurutnya banyak tunanetra yang kerap tertipu dengan uang yang beredar selama ini.

“Ada banyak yang bekerja jadi tukang pijit, di panti pijit dan sering kawan-kawan kita tunanetra mereka ditipu oleh pelanggannya,” ujar Hashim.

Selain uang braille, Prabowo-Sandiaga juga akan mengeluarkan kebijakan beasiswa bagi anak-anak difabel. Sehingga anak-anak itu nanti bisa membantu orangtuanya.

“Anak-anak akan diberikan beasiswa khusus untuk melanjutkan pendidikan,” kata Hashim.

Hashim juga menyebut pihaknya berencana membentuk Komisi Nasional Disabilitas. Komnas itu beserta aturan-aturan pendukungnya dibuat agar para kaum difabel bisa menjadi mitra pemerintah kelak.

“Saya berjanji akan membentuk Komisi Nasional Disabilitas dan juga PP, Juklak dan Juknis sebagai dari aturan turunan UU Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas, penghormatan dan pemenuhan hak-hak disabilitas,” tutur Hashim. (viva)