Jakarta Go New-Normal: Ini Aturan Penggunaan Kendaraan Pribadi di PSBB Transisi

Pasalnya, selama tiga kali PSBB, Jakarta telah menunjukkan penurunan Covid-19 yang cukup baik. Angka penularan terus menurun mulai dari angka penularan di angka 4 pada Maret-April, yakni dari satu orang menularkan empat orang menjadi di bawah satu atau 0,99.

Artinya, penularan satu orang makin kecil ke satu orang lain. Kemudian, Anies menjelaskan, hasil kajian dari pakar epidemiologi Universitas Indonesia menyebutkan bahwa pelonggaran bisa dilakukan.

Karena itu, Anies menyebut, dalam masa PSBB transisi ini kegiatan sosial-ekonomi sudah bisa dilakukan secara bertahap, tetapi tetap ada batasan dan protokol kesehatan yang harus ditaati. Fase PSBB pertama dengan pelonggaran hanya atas kegiatan manfaat besar bagi masyarakat dan efek risiko yang terkendali.

Prinsip pertama adalah hanya yang sehat yang boleh berkegiatan. Prinsip kedua adalah semua kegiatan kapasitas yang beroperasi hanya setengahnya.  Kemudian, jarak aman perlu ditegakkan dan semua orang wajib menggunakan masker.

“Kita berharap fase pertama PSBB transisi ini bisa selesai di akhir bulan Juni ini. Bila bisa berjalan baik hingga akhir Juni, dengan tidak ada penambahan kasus signifikan dan semua indikator menunjukkan stabilitas maka bisa masuk ke fase kedua PSBB transisi di mana kelonggaran di bidang-bidang yang lebih luas,” ungkapnya. (ant)