Jalan ‘Mengunci Negara’ yang Tak Diambil Jokowi untuk Lawan Corona

Eramuslim.com -Indonesia menjadi salah satu negara yang belum menetapkan lockdown untuk mencegah penyebaran wabah virus Corona. Presiden Joko Widodo (Jokowi) pun menegaskan kepada 34 gubernur se-Indonesia bahwa pemerintah pusat tidak akan mengambil keputusan lockdown.

Lantas, apa yang menjadi landasan Jokowi tidak me-lockdown Tanah Air? Jokowi mengatakan setiap negara memiliki karakter dan kedisiplinan yang berbeda dalam menyikapi penyebaran virus bernama ilmiah Coronavirus Disease (COVID-19).

“Ada yang bertanya kepada saya, kenapa kebijakan lockdown tidak kita lakukan? Perlu saya sampaikan, bahwa setiap negara memiliki karakter yang berbeda-beda, memiliki budaya yang berbeda-beda, memiliki kedisiplinan yang berbeda-beda,” kata Jokowi dalam rapat terbatas dengan 34 gubernur se-Indonesia lewat video conference yang disiarkan channel YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (24/3/2020).

Dalam rapat terbatas tersebut, Jokowi sempat menunjukkan kertas dan mengatakan sudah melihat kebijakan-kebijakan yang diambil setiap negara dalam menghadapi pandemi Corona. Jokowi mengaku memantau perkembangan situasi setiap hari.

“Oleh sebab itu, kita tidak memilih jalan itu. Dan itu sudah saya pelajari. Saya memiliki analisa-analisa seperti ini, dari semua negara ada semuanya, kebijakan mereka apa, kemudian hasilnya seperti apa, semuanya dari Kemlu dari situs-situs yang ada terus kita pantau setiap hari,” ujar Jokowi.