Jatuh di Kamar Mandi, Ma’ruf Amin Tidak Hadiri Sejumlah Acara

Eramuslim.com – Direktur Relawan Tim Kampanye Nasional Jokowi – Ma’ruf Amin, Maman Imanulhaq mengatakan beberapa acara gagal dihadiri Ma’ruf Amin karena calon wakil presiden nomor urut 01 itu sedang sakit. “Iya (Ma’ruf Amin sakit), beberapa event besar gagal dihadiri,” ujar Maman Imanulhaq saat dihubungi Tempo pada Rabu, 5 Desember 2018. Maman enggan membeberkan acara apa saja yang dimaksud.

Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional Jokowi – Ma’ruf, Abdul Kadir Karding mengatakan agenda kampanye yang seharusnya dihadiri Ma’ruf bisa ditangani oleh timses. “Tim kami cukup memiliki kemampuan dan mewakili agenda kampanye,” ujar Karding saat dihubungi terpisah.

Sudah sepekan ini Ma’ruf Amin tidak berkampanye. Sejak Kamis, 29 November 2018, jadwal Ma’ruf Amin hanya menerima tamu di kediamannya, Jalan Situbondo 12, Menteng, Jakarta Pusat.

Dia juga tidak menemui wartawan yang kerap menunggu di depan kediamannya. Biasanya, Ma’ruf menyambangi wartawan di depan teras rumahnya, seusai menerima sejumlah tamu. Pada Rabu, 28 November 2018, Ma’ruf Amin dijadwalkan menghadiri sejumlah acara. Namun, Mustasyar PBNU itu tidak datang. Semua agendanya dibatalkan pada hari itu.

Ketika dikonfirmasi, putri sulung Ma’ruf, Siti Ma’rifah membenarkan kabar bahwa ayahnya terjatuh dari kamar mandi. “Kakinya sedikit terkilir,” ujar Ma’rifah saat dihubungi Tempo, Rabu, 28 November 2018.

Kemarin, Koordinator Panitia Reuni 212 Yusuf Martak menjenguk Ma’ruf di kediamannya. Dari foto yang beredar, Ma’ruf yang mengenakan baju koko berwarna putih tampak lebih kurus dari biasanya.

Ketika dikonfirmasi, Yusuf Martak mengaku datang sebagai pengurus Majelis Ulama Indonesia. Dia hadir untuk menjenguk Ma’ruf Amin yang tengah sakit. “Kakinya terkilir, jadi ramai-ramai bersama pengurus MUI membesuk ke rumah beliau,” ujar Ketua GNPF Ulama, Selasa malam, 4 Desember 2018. [tco]

Kasian, orang sudah lanjut usia seperti ini harusnya sudah beristirahat saja, jaga kesehatan dengan beribadah, membaca buku, berkebun, namun masih saja digadang-gadang untuk keliling Indonesia untuk kampanye. Tega banget yang ngajak-ngajak. Dan yang ga masuk akal dia nya juga mau aja…