Jelang Wukuf Akbar, Hari Ini Jamaah Haji Indonesia Mulai Bergerak Padang Arafah

Eramuslim – Seluruh jamaah haji dari penjuru dunia, Minggu (19/8/2018) waktu Arab Saudi mulai bergerak menuju Arafah untuk melaksanakan puncak haji keesokan harinya.

Sebanyak lebih dari 3 juta muslim dunia akan berkumpul di Padang Arafah untuk melengkapi ibadah hajinya. Bila dalam rangkaian kegiatan haji jamaah tidak dapat melaksanakan wukuf dengan baik, maka tidak sah hajinya.

Kepala satuan operasi Armina Jaitul Muchlis mengatakan, pemberangkatan jamaah Indonesia akan dibagi dalam tiga tahap. Bus akan mengangkut dari pagi, siang hingga malam hari.

Namun demikian, meski menggunakan bus, kata Jaitul tetap ada prosesi perjalanan panjang yang melelahkan, terutama mereka yang berusia lanjut dan yang mengalami gangguan kesehatan.

Selama di Arafah, pada keesokan harinya, Senin (20/8/2018) atau 9 Dzulhijah jamaah akan menjalani prosesi wukuf di mulai dari salat berjamaah, mendengarkan ceramah wukuf hingga berdoa dan berzikir, mulai tergelincir matahari sekira pukul 12.00 siang hingga terbenam matahari pukul 18.00 waktu setempat.

Ketika matahari tenggelam pukul 18.00, jamaah harus bergegas meninggalkan Arafah menuju Muzdalifah untuk mabit (menginap). Dianjurkan sholat magrib dan isak di jamak takdim di Muzdalifah. Di Muzdalifah jamaah mengumpulkan batu kerikil untuk lempar jumrah.