Jend. Gatot: Saya Tidak Mau Dipinang Selama Saya Masih Tentara

Eramuslim.com – Mantan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo belum mau masuk ke dunia politik. Setelah pensiun dari TNI Gatot memilih berternak ayam petelur dan berkebun.

Menurut Gatot kedua kegiatan tersebut membuat waktu luang bersama keluarga lebih banyak. Selain itu, berternak dan berkebun bisa membuatnya semakin muda.

Gatot menjelaskan dalam mewujudkan keinginannya dirinya telah mempersiapkan lahan di daerah Purwakarta.

Mantan KSAD ini juga merangkul sejumlah sahabat untuk membantunya mengembangkan peternakan ayam dan kebun.

Gatot menilai, berternak ayam tidak akan pernah merugi karena selalu dibutuhkan.

“Ayam kan pasarnya nggak akan habis-habis telurnya. Makin naik lagi,” ujar Gatot di Mabes AD, Jakarta Pusat, Senin (15/1).

Lebih lanjut, Gatot menjelaskan dirinya belum mau menerima lamaran untuk terjun ke dunia politik. Lantaran statusnya yang masih aktif sebagai perwira tinggi TNI.

“Bagaimana pun juga saya masih tentara, tetap saja saya enggak mau dipinang selama saya masih tentara,” ujarnya.

Gatot akan berstatus warga sipil pada Maret 2018.

Pada 4 Desember 2017, Presiden Joko Widodo mengirimkan surat permohonan persetujuan pemberhentian dengan hormat Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo dan pengangkatan Kepala Staf TNI Angkatan Udara Marsekal Hadi Tjahjanto sebagai calon Panglima TNI ke DPR RI.

Setelah lolos dari uji kepatutan dan kelayakan, secara resmi Jokowi mengangkat Hadi sebagai Panglima TNI pengganti Gatot Nurmantyo pada 8 Desember 2017. Banyak pengamat mengatakan sebenarnya Jokowi memecat Jenderal Gatot  dari jabatan Panglima TNI karena lazimnya jabatan tertinggi di TNI itu akan berakhir bertepatan dengan masa pensiun. (kl/rm)