Jenderal Gatot: Kyai dan Santri Berperan Besar Dalam Perjuangan Kemerdekaan RI

Eramuslim – Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo menegaskan bahwa kiai dan santri memiliki peran besar dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Dirinya berharap dengan belajar sejarah dapat semakin menumbuhkan kebersamaan baik antara santri, rakyat, dan TNI.

“Yang berhasil Mengusir dan menghancurkan kekuasaan Jenderal inggris Mallaby ialah kyai dan santri bukan TNI,” ujar Jenderal Gatot Nurmantyo dalam kunjungan ke Pondok Pesantren Tebu Ireng, Jombang, Senin (18/09), seperti dikutip dari AntaraNews.

Panglima TNI mengingatkan bahwa santri memilik perang yang juga sangat besar dalam proses kemerdekaan RI, misalnya saat mempertahankan NKRI dari serangan sekutu. Mereka ikut berperang demi menghancurkan penjajah.

Jenderal Gatot mengatakan bahwa dirinya

mengatakan sengaja datang ke Pesantren Tebu Ireng, Kabupaten Jombang.

Selain silaturahim, Jenderal Gatot mengatakan sengaja datang ke Pesantren Tebuireng untuk berziarah ke makam para pendahulu. Di pesantren tersebut terdapat makam para ulama, misalnya KH Hasyim Asyari yang juga pendiri organisasi Islam Nahdlatul Ulama, KH Wahid Hasyim yang merupakan tokoh Islam, Abdurrahman Wahid atau yang akrab disapa Gus Dur, yang merupakan mantan Presiden.

Ziarah tersebut dilakukan dengan maksud untuk mengingatkan pada prajurit agar mencontoh jiwa juang yang diwariskan para pendahulu. Mereka tidak gentar menghadapi musuh, bahkan jika harus mengorbankan nyawa.

“Kami mentradisikan ziarah ke makam para mantan Presiden Republik Indonesia yang merupakan Panglima Tertinggi TNI dan juga Jenderal Soedirman. Kami juga berdoa agar beliau semua menjadi pahlawan dan syuhada,” katanya. (IP/Ram)