Jepang Carter Pesawat Jemput Warganya di Wuhan, Indonesia?

Eramuslim.com – Pemerintah Jepang dilaporkan akan membantu warga negaranya yang berada di Wuhan, China agar bisa pulang kembali ke tanah air mereka. Perdana Menteri Jepang Shinjo Abe seperti dilaporkan Kyodo, Ahad (26/1), menyatakan, bahwa pihaknya menyiapkan satu pesawat carter untuk terbang ke Wuhan, kota di mana virus Corona pertama kali mewabah.

“Segera setelah penyesuaian dengan Pemerintah China rampung, Saya akan mengambil langkah apa pun, termasuk mencarter pesawat dan merealisasikan pemulangan warga,” kata Abe.

Hingga Jumat (24/1), tercatat ada 710 warga Jepang di Wuhan, kota berpenduduk 11 juta jiwa yang kini diisolasi akibat mewabahnya virus Corona. Pada akhir pekan lalu, Jepang melakukan survei berapa banyak warganya yang menginginkan pulang. Menurut Menteri Luar Negeri Jepang Toshimitsu Motegi, pihaknya telah berhasil menghubungi 430 warga Jepang di Wuhan.

Motegi menyatakan, dia juga telah berbicara lewat telepon dengan pihak China dan meminta izin dan kerja sama terkait proses evakuasi. Langkah Jepang ini mengikuti Amerika Serikat dan Korea Selatan yang telah lebih dulu bernegosiasi dengan China untuk mengevakuasi warga mereka keluar dari Provinsi Hubei.