Jika Ahok Bebas, Maka Berhati-Hatilah…

Eramuslim.com – Pengamat sosial Devie Rahmawati menyebut bakal ada aksi besar-besaran jika terdakwa penistaaan agama, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) bebas dari tuntutan hukum.

Menurut Devie, dengan bebasnya Ahok, bisa memicu luapan emosi massa yang merasa diperlakukan tidak adil.

“Sangat mungkin (ada aksi massa). Kekecewaan masyarakat begitu tinggi, karena hukum tak memberikan keadilan,” kata Devie kepada Kriminalitas.com di Jakarta, Minggu (23/4/2017).

Devie menambahkan, jika Ahok bebas maka bisa menggiring opini masyarakat bahwa dia benar-benar dilindungi pemerintah.

“Jika Ahok bebas, ini memperkeras dan mengkristalkan opini bahwa memang hukum itu akan sangat lembut pada elite tapi akan sangat keras pada rakyat,” tutupnya.

Sementara itu, Imam Besar FPI Habib Rizieq Shihab menggalang kekuatan untuk mengerahkan massa agar turun ke jalan. Hal ini dilakukan agar Ahok segera dipenjara terkait kasus dugaan penistaan agama. Mereka menilai, tuntutan kepada Ahok sangatlah rendah.

Aksi seperti ini sudah berlangsung berkali-kali dengan tuntutan yang sama, yakni memenjarakan Ahok. Namun, belum diketahui secara pasti kapan aksi demo ini akan berlangsung. (rg/krm)

https://m.eramuslim.com/resensi-buku/pahlawan-akankah-hanya-menjadi-kenangan-untold-history-eramuslim-digest-edisi-9.htm