free hit counters
 

Jika Komputer Terserang Virus Petya, Laporkan Ke ID SIRTII

Redaksi – Sabtu, 5 Syawwal 1438 H / 1 Juli 2017 07:00 WIB

Eramuslim.com -Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara menyebutkan, Indonesia masuk dalam daftar sepuluh negara yang rawan terserang virus Ransomeware Petya. Hal itu disebabkan karena Indonesia belum mempunyai sistem siber security yang memadai.

“Indonesia negara sepuluh besar untuk diserang. Dari waktu ke waktu terjadi. Kita di sekitar posisi 5 atau 6. Indonesia dari segi siber secury pertahannya belum terlalu bagus,” ujar Rudiantara saat konferensi pers di warung Bakoel Coffie, Cikini, Jakarta Pusat, Jumat (30/6).

Menurut Rudiantara, hingga saat ini virus Petya belum menjarah hingga ke Indonesia. Namun Menkominfo tetap melakukan proses pencegahan terhadap serangan Petya dengan kembali menggandeng Indonesia Security Incident Response Team on Internet Infrastructure/Coordination Center (ID SIRTII).

“ID SIRTII tugasnya mencoba mencegah serangan (Petya) ke publik. Melakukan pencegahan dan kurasi kalau terjadi serangan di Indonesia,” kata Rudiantara.

Sementara itu Wakil Ketua ID SIRTII, Bisryon Wahyudi mengungkapkan pihaknya belum mendapatkan laporan dari Menkominfo terkait masyarakat atau instansi yang terserang virus Petya. Ia mengimbau agar sebaiknya masyarakat yang terserang virus petya bisa segera melaporkan ke ID SIRTII untuk segera dilakukan tindakan.

“Di Indonesia sejauh ini belum kena. Yang melapor kena belum ada,” kata Bisryon.

Bisryon menyebutkan, laporan bisa langsung diserahkan ke kantor ID SIRTII di Menara Ravindo nomor 17, Kebon Sirih, Jakarta Pusat. Atau melalui telepon (021) 31925551/08156179328.

“File yang terenkripsi masih bisa diselamatkan,” imbuhnya.

Untuk saat ini belum ada cara mengatasi komputer yang terkena malware ini, opsi terburuk adalah menginstal ulang komputer anda, dengan asumsi anda telah mengambil file penting pada komputer anda. Hal yang terbaik yang dapat dilakukan saat ini adalah dengan melakukan pencegahan malware tersebut.(kl/rmol)

Berita Nasional Terbaru

blog comments powered by Disqus