Jokowi Akan Terus Berikan Cina Banyak Proyek di Indonesia

jokowi kereta cinaEramuslim.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) nampaknya akan terus menggandeng China untuk mengerjakan berbagai proyek lainnya, selain kereta cepat.

Hal itu disampaikan Presiden Jokowi sebelum menutup sambutan peletakan batu pertama (groundbreaking) proyek kereta cepat kerja sama Indonesia-China, di Kebun Teh Mandalawangi Maswati, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Kamis (21/1/2016) siang.
“Saya titipkan pesan pada (Presiden China) Xi Jinping, Indonesia dan Tiongkok dilanjutkan dalam bidang lainnya seperti manufaktur, industri infrastruktur,” kata Jokowi kepada perwakilan China saat acara tersebut..
Proyek Kereta Cepat ini digarap konsorsium PT Kereta Cepat Indonesia Cina (KCIC). Modal dibenamkan mencapai USD 5,573 miliar, atau setara Rp 74,25 triliun. Proyek itu tidak menggunakan duit negara. Harapannya, kereta cepat mampu menjadi awal kebangkitan transportasi massal di Indonesia. Namun tidak disebutkan apa imbalan bagi Cina atas proyek itu. Tidak ada makan siang yang gratis kan? (ts/pm)