Jokowi Didesak Pecat Aparat yang Rasis ke Orang Papua

Eramuslim.com – Aliansi Masyarakat Timur (AMT) menggelar aksi solidaritas di seberang Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (20/8). Massa yang berjumlah sekitar 30 orang mendesak Presiden Joko Widodo (Jokowi) memecat aparat yang rasis terhadap mahasiswa Papua di Surabaya, Jawa Timur, beberapa waktu lalu.

Koordinator AMT, Jerry menyatakan pihaknya ingin menyuarakan kekecewaannya ke Jokowi, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto atas dugaan tindakan rasis aparat keamanan di Asrama Mahasiswa Papua, Surabaya.

“Maka kami minta kepada Pak Jokowi dan jajarannya untuk menindak tegas aparat-aparat yang turut bekerja sama dengan oknum-oknum yang ada di Ormas. Bila perlu dipecat para aparat yang ikut bersama sama dengan mereka,” kata Jerry lewat pengeras suara di seberang Istana Merdeka, Jakarta.

Jerry menyatakan pihaknya mengutuk keras tindakan aparat Polri yang merangsek masuk dan menembakkan gas air mata ke Asrama Mahasiswa Papua, padahal mahasiswa yang berjumlah 43 orang itu tak melawan petugas.

“Kami minta kepada Pak Jokowi selaku Presiden Republik Indonesia untuk mengambil sikap, untuk menindak tegas aparat tersebut, bila perlu dipecat tanpa hormat dari pekerjaannya,” ujarnya.