free hit counters
 

Jokowi Hapus Proyek Pesawat R80 Habibie, Tapi Lanjutkan Kereta Cepat Indonesia-China

Redaksi – Minggu, 31 Mei 2020 06:00 WIB

Eramuslim.com -Presiden Jokowi memutuskan untuk melanjutkan pengerjaan sejumlah Proyek Strategis Nasional (PSN) di tengah belum selesainya mitigasi terhadap virus corona.

Langkah tersebut dilakukan dilakukan dengan tujuan agar pertumbuhan ekonomi dalam negeri bisa terdongkrak kembali.

Namun, jumlah PSN yang bakal dikerjakan ini dirampingkan karena menyesuaikan kondisi keuangan negara. Dari rencana semula sebanyak 245 proyek, hanya 89 yang akan dilanjutkan.

Salah satu proyek yang sudah diumumkan bakal berlanjut yakni pengerjaan kereta cepat Jakarta-Bandung. Sementara di sisi proyek yang dihapus, salah satunya yang mengejutkan adalah pengembangan pesawat R80 buatan Presiden ke-4 RI BJ Habibie.



Jokowi Hapus Proyek Pesawat R80 Habibie, Fokus Kembangkan DroneĀ 

Presiden Jokowi mengeluarkan pengembangan pesawat R80 bikinan Presiden BJ Habibie dari daftar PSN yang digarap pemerintah. Sebagai gantinya, pemerintah akan fokus pada pengembangan drone.

Selain itu, pengembangan pesawat N245 juga dihilangkan dari daftar rencana proyek. R80 digarap PT Regio Aviasi Industri milik Presiden BJ Habibie dan putranya, Ilham Akbar Habibie, sedangkan N245 digarap PT Dirgantara Indonesia (PTDI) bersama Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN).

“Kemudian terkait dengan 3 proyek drone. Di mana 3 proyek terkait pengembangan drone itu sebagai pengganti proyek yang dikeluarkan antara lain R80 dan N245,” jelas Menko Perekonomian Airlangga Hartarto usai mengikuti rapat dengan Jokowi, Jumat (29/5).

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2

Berita Nasional Terbaru