Jokowi Hapus Proyek Pesawat R80 Habibie, Tapi Lanjutkan Kereta Cepat Indonesia-China

Airlangga menilai, pengembangan drone lebih sesuai dengan keadaan saat ini, ketimbang realisasi kedua proyek dengan biaya yang tak sedikit itu.

Jokowi Sambungkan Kereta Cepat Jakarta-Bandung hingga ke Surabaya

Adapun proyek yang kembali dilanjutkan oleh pemerintah, salah satunya yakni pengerjaan proyek kereta cepat rute Jakarta-Bandung. Bahkan, Jokowi sudah menginstruksikan agar kereta ini bisa tersambung hingga ke Surabaya.

“Terkait dengan program Kereta Cepat Jakarta-Bandung, arahan bapak presiden kereta cepat ini dilanjutkan,” kata Airlangga.

Proyek ini dikerjakan PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC), yang merupakan konsorsium sejumlah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Indonesia, dengan China Railways.

Genjot Proyek Infrastruktur agar Mampu Serap 4 Juta Pekerja

Keputusan untuk menggenjot proyek strategis yang mayoritas di bidang infrastruktur dianggap bisa menyerap banyak tenaga kerja.

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mengungkapkan, beragam proyek infrastruktur yang disiapkan antara lain di Sumatera ada 7 proyek senilai Rp 117 triliun, di Jawa ada 25 proyek senilai Rp 462 triliun, Kalimantan 17 proyek Rp 144 triliun.

Kemudian Sulawesi ada 8 proyek Rp 208 triliun, Bali dan Nusa Tenggara ada 12 proyek Rp 28 triliun.

“Secara nasional ada 11 proyek Rp 351 triliun. Juga Maluku, Papua Rp 111 triliun,” kata Airlangga saat konferensi pers secara virtual, Jumat (29/5).

Menurut Airlangga, beragam proyek infrastruktur akan memberi efek ganda. Setiap Rp 1 triliun proyek bisa mempekerjakan 14 ribu tenaga kerja baik langsung maupun tidak langsung.

“Proyek periode 2020 sampai 2024 ini ditargetkan bisa menyerap tenaga kerja setiap tahunnya sekitar 4 juta, atau selama proyek itu berjalan agregatnya bisa mencapai 19 juta orang yang bekerja dalam proyek di dalam 5 tahun ini,” ujarnya. (*)