Jokowi: Nggak Perlu Ngeluh, Sudah Lama Kita Bertarung Dengan Hoax

Eramuslim.com – Jokowi secara tegas menyampaikan bahwa pemerintah saat ini tengah gencar memerangi merebaknya informasi hoax di dunia maya. Untuk itu, ia menilai hal ini tidak perlu dikeluhkan, tapi harus dihadapi dengan aksi nyata.

“Saya kira kita berhadapan dengan masalah keterbukaan ini ya seperti itu. Ya kita hadapi karena semua negara juga menghadapi. Nggak perlu banyak keluhan ya,” ujarnya saat mengikuti kejuaraan panahan di Lapangan Pusdikzi, Kota Bogor  (22/1).

Hal itu ia sampaikan untuk menanggapi kicauan Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono yang beberapa saat lalu curhat di Twitter dan menyebut penyebar informasi hoax telah berkuasa dan merajalela.
janji jokowi
“Sudah lama kita bertarung dengan yang namanya kabar bohong, yang namanya hoax itu, saya kira kita sudah bertarung lama lah dan ini terus-menerus,” ujarnya.

Lebih lanjut, Presiden Jokowi mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk menumbuhkan budaya baru dalam berinteraksi, baik di dunia nyata maupun di media sosial.  Masyarakat diimbau membangun kesantunan dalam berucap dan tidak menyebarkan kabar fitnah.

“Dalam kita menyampaikan hal ujaran-ujaran di media sosial jangan menghasut, jangan memfitnah, jangan menyebarkan kabar bohong, jangan menyebarkan ujaran kebencian. Itu yang selalu saya sampaikan ke mana-mana,” imbau mantan gubernur DKI Jakarta itu. (jk/rmol)