Joserizal Jurnalis, Mengenang Nyali Pahlawan Kemanusiaan (1)

Eramuslim.com – Dunia kemanusiaan dan dunia Islam tertegun berduka cita mendengar berita kepergian sosok pahlawan kemanusiaan, Joserizal Jurnalis pada Senin (20/1) dini hari. Sejumlah tokoh masyarakat, aktivis kemanusiaan, ulama, pejabat negara dan orang-orang yang mengenal kiprahnya berduka cita.

Joserizal salah satu pendiri Medical Emergency Rescue Committee (MER-C) ini lahir di Padang, Sumatra Barat pada 11 Mei 1963 dan tutup usia pada 20 Januari 2020. Lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (UI) ini salah seorang penggagas pembangunan Rumah Sakit Indonesia (RSI) di Gaza, Palestina yang dimulai tahun 2009.

Banyak kisah heroik Joserizal yang tersimpan dalam memori sahabat-sahabat seperjuangannya di MER-C. Seperti saat almarhum terpaksa mengamputasi tulang korban konflik dengan gergaji kayu di daerah konflik. Serta saat mengobati korban perang di antara bisingnya suara ledakan bom dan desing peluru.

Ketua Presidium MER-C, Henry Hidayatullah menceritakan aksi heroik sahabatnya ketika bertugas di Maluku. Sekitar tahun 1999 saat terjadi konflik di Maluku, dia dan Joserizal menemui banyak korban konflik tergeletak di sebuah masjid.