Jubir Sandi: Jokowi Dulu Janjinya Stop Impor…

Eramuslim – Impor pangan selama empat tahun terakhir pemerintahan Jokowi terus meningkat.

Juru bicara cawapres Sandiaga Uno, Anggawira mengingatkan, ketika kampanye Pilpres 2014 lalu, pasangan Jokowi-JK dalam berbagai kesempatan berjanji stop  impor bahan pangan agar mampu mendorong kesejahteraan petani lokal.

“Sekarang saja terus muncul izin impor beras dan bahan-bahan pangan lainnya. Padahal semua orang tahu janji Jokowi dulu akan stop impor bahan pangan,” kata Anggawira yang juga Ketua Bidang Organisasi HIPMI dalam keterangannya di Jakarta, Kamis (18/10).

Anggawira juga membeberkan data izin impor oleh pemerintah selama beberapa waktu terakhir.

“Berdasarkan data dari BPS, nilai impor barang konsumsi sepanjang Januari-Juni 2018 mencapai 8,18 miliar dolar AS. Komoditas pangan seperti beras, gula dan kedelai penyumbang terbesar impor tersebut,” jelas Angga.

Angga juga mengkritik koordinasi antar lembaga pemerintahan dalam mengeluarkan kebijakan.

“Bagaimana mungkin kita bisa percaya terhadap kualitas kebijakan impor ini, sedangkan antara satu kementerian dengan lembaga negara lainnya saling menyalahkan. Contohnya terkait impor beras Kepala Bulog malah menyebutkan stok beras cukup sehingga tidak perlu impor, tapi Mendag malah maksa tetap impor, ini kan membingungkan,” ulasnya.