Jum’at Besok, Aliansi Ormas Islam Gelar Aksi “Aliansi Tolak Kezaliman Facebook”

Eramuslim – Sejumlah organisasi masyarakat (Ormas) yang tergabung dalam ‘Aliansi Tolak Kezaliman Facebook’ akan menggelar aksi 121 di depan Kantor Facebook Indonesia, di Jl. Gatot Soebroto, Jakarta, pada hari Jumat (12/1/18) beok.

Aksi ini dilakukan sebagai bentuk protes terhadap perusahaan yang dimiliki oleh Mark Zuckerberg karena telah memblokir banyak akun ormas Islam.

“Iya itu Aliansi Tolak Kezaliman Facebook. FPI bagian dari aksi besok dan bagian dari penyelenggara juga karena itu kan berbagai macam ormas,” ujar Juru Bicara Front Pembela Islam (FPI) Slamet Maarif seperti diberitakan CNN Indonesia, Rabu (10/1).

Akun FPI termasuk yang diblokir oleh Facebook. FPI juga menjadi bagian dari aliansi ormas tersebut. Ormas lain yang ikut aksi itu di antaranya SAPA Islam, Kaum Umat Islam, Generasi Ibu Negara dan Hasmi.

Koordinator Aliansi Tolak Kezaliman Facebook, Ali Al’Athos mengatakan, selain akun ormas Islam, pemblokiran juga menimpa pada akun tokoh-tokoh Islam.

Ali mengaku sudah melaporkan hal ini kepada pihak Facebook dengan cara seperti memberitahukan lewat opsi report. Namun pemblokiran justru semakin sering terjadi.

“Awal mulanya karena banyak akun umat Islam, baik akun dakwah, bahkan akun-akun yang sifatnya kepedulian sosial, akun bersifat kemanusiaan, diblokir tanpa alasan yang jelas. Dibuat lagi (akun itu), tetapi diblokir lagi,” ungkapnya.