“Kalau nggak NU salah semua”, Sekjend MUI: Tak Elok Itu!

 

eramuslim.com  – Majelis Ulama Indonesia atau MUI merespons pernyataan Ketua Umum PBNU Said Aqil Siroj soal kalau enggak NU salah semua. Said mengatakan dalam cara internal NU, jabatan keagamaan sebaiknya dipegang NU, sebab kalau nggak oleh NU maka akan salah semua.

Nah Sekretaris Jenderal MUI, Amirsyah Tambunan menilai pernyataan itu sih perlu diluruskan, sebab tidak elok cenderung mau menang sendiri.

Amir mengatakan pernyataan Said itu berpotensi banget disalahpahami, sebab ada kalimat kalau enggak NU salah semua. Menurutnya, pernyataan itu juga nggak bagus lah bagi kebangsaan dan keumatan ini.

“Persoalan bangsa ini kan banyak hal yang bisa kita berbagi peran, tak elok kalau tidak dipegang NU semua salah, ini timbulkan konsekuensi makanya saya luruskan,” jelas Amir dalam wawancara tvOne, dikutip Selasa 19 Oktober 2021.

Makanya Amir meminta betul hendaknya pernyataan yang dibuat untuk internal NU itu harusnya disampaikan dengan sebijak mungkin. Sebab pernyataan internal pun bisa meluas ke luar NU. Amir menyarankan sebaiknya ke depan mbok ya pakai pilihan kata yang aman dan pas dong.

“Ini soal sampaikan satu diksi yang jadi milik publik, bisa intenral tapi kan diakses eksternal. Makanya kalau sampaikan pendapat, pandangan sudah sepatutnya bisa dipahami oleh semua pihak walau itu disampaikan oleh internal,” jelasnya.

Soal NU pegang semua jabatan, Amir menegaskan lagi persoalan bangsa itu kan sebaiknya memang diurusi dengan gotong royong jangan mengedepankan ego kelompok dong.

“Jangan dikotomi persoalan besar ini jangan hanya urusan kelompok organisasi saja, tapi harus adil, ini jadi urusan bersama,” katanya.