Kapal Perang Asing Merapat di Indonesia Untuk Operasi NEO?

Eramuslim.com – Situasi menghangat jelang pengumuman perhitungan suara hasil Pemilu serentak 2019. Entah kebetulan atau tidak, beberapa alutsista (alat utama sistem senjata) negara asing merapat ke Indonesia.

Tak sembarang alutsista. Setidaknya sudah ada empat kapal perang berukuran besar yang berada dekat di Indonesia. Salah satunya bahkan sandar di Jakarta beberapa hari lalu.

Adalah kapal perang HMAS Canberra, jenis pendarat berkemampuan angkut helikopter atau LHD (landing-helicopter-dock) milik AL Australia yaitu bersandar di Teluk Jakarta.

Kedatangan HMAS Canberra  didampingi kapal fregat HMAS Newcastle dan kapal pendukung HMAS Success. Resminya, ketiga kapal AL Australia itu berkunjung ke Indonesia dalam rangka pelayaran Gugus Tugas Indo-Pacific Endeavour 2019 yang dilakukan AL Australia.

Di balik kunjungan yang bersifat resmi dan dikaitkan dengan situasi terkini tanah air, ada yang menduga-duga tujuan “lain”. Bukan kemampuan ofensif yang dipersoalkan, kendati dua dari ketiga kapal perang Australia itu memiliki kemampuan ofensif yang mumpuni.