Kardus Sekuat Alumunium, Jadilah ‘KPU Airlines’

Eramuslim.com – Sindiran dan kritikan kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang ngotot mempertahankan kardus sebagai kotak suara masih menjadi trending topic, juga masih jadi olok-olok warganet. Netizen tak hanya membandingkan kardus dengan kaleng krupuk. Tetapi ada juga yang membuat meme pesawat menggunakan kardus.

Akun @MichelaniaAdam yang mempublis pesawat dari kardus itu ke media sosial twitter. Di meme itu, ia benar-benar menyindir KPU. “KPU Airlines. Baru. Ternyata kardus sama kuat dengan aluminium,” tulis dia menohok.

Meme ini sengaja dibuat untuk menyindir KPU yang beranggapan kardus sama kuat dengan alumunium.

KPU tak bergeming. Arief Budiman Cs tak memperdulikan berbagai sindiran dan kritikan yang ditujukan kepada KPU. KPU jalan terus.

Komisioner KPU Pramono Ubaid Tanthowi menjelaskan kenapa KPU tetap ngotot mem­pertahankan kardus sebagai kotak suara di pemilu nanti.

Pramono menerangkan, ide itu bermula dari penjelasan Pasal 341 UU Nomor 7/2017 tentang Pemilu yang mengamanatkan kotak suara harus transparan. KPU diberikan mandat untuk mengatur bentuk, ukuran, dan spesifikasi teknis kotak suara.