Karnaval Pelantikan Jokowi Batal, Demo Boleh…

Ketua Panitia Pelaksana Andi Gani Nena Wea menambahkan, pembatalan acara hanya di Jakarta. Sedangkan di daerah-daerah acara akan tetap berjalan. Acara bakal berlangsung di Jogjakarta, Surabaya, dan Kuningan.

Meski acara di Jakarta dibatalkan, menurut Gani, relawan akan tetap hadir. Bukan hanya dari daerah, tetapi juga dari luar negeri. ”Kami akan sambut presiden saat pulang ke istana. Kami tidak akan biarkan Pak Jokowi sendirian,” ucapnya.

Sementara itu, Presiden Joko Widodo menuturkan bahwa dirinya tidak melarang mahasiswa ataupun masyarakat yang merencanakan aksi demonstrasi di hari pelantikan. Dia menilai demonstrasi merupakan hak warga negara. ”Namanya demo dijamin konstitusi,” katanya. Dia juga menegaskan tidak pernah meminta aparat untuk melarang demo.

Meski unjuk rasa diperbolehkan, Moeldoko berharap mahasiswa dan masyarakat bisa menahan diri untuk tidak aksi pada momen tersebut. Dia khawatir, keberadaan demonstrasi akan mengurangi kekhidmatan acara pelantikan. ”Secara konstitusi nggak ada yang melarang demo, cuma saya mengimbau teman mahasiswa agar bisa menahan diri,” ucapnya.[jpc]