Kasus Covid Tembus 1 Juta, Nakes Berguguran, Menkes: Saatnya Kita Berduka

eramuslim.com – Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyatakan pemerintah sedang berduka terkiat banyaknya pasien Corona (Covid-19) yang sedang menjalani perawatan di sejumlah rumah sakit di Indonesia.

Pernyataan itu disampaikan Budi menyusul meledaknya jumlah kasus Covid di tanah air. Terkini, ada satu juta orang di Indonesia yang positif terpapar virus asal Tiongkok itu. Budi mengakui jika Presiden Joko Widodo langsung mengumpulkan para menteri di kabinetnya untuk membahas meningkatnya jumlah kasus Covid-19 yang kini sudah di angkat satu juta orang.

Kasus Covid Tembus 1 Juta, Nakes Berguguran, Menkes: Saatnya Kita Berduka
“Hari ini pak presiden memanggil ratas beberapa menteri. Saya dititipi pesan oleh bapak presiden, untuk menyampaikan ke seluruh rekan-rekan bahwa hari ini adalah hari di mana jumlah orang yang terpapar covid-19 di Indonesia menembus angka satu juta orang,” ujar Budi dalam jumpa pers, Selasa (26/1/2021).

Dia pun menganggap, meledaknya kasus Covid hingga satu juta pasien ini harus direnungkan secara seksama.

“Angka ini memiliki dua makna yang harus direnungkan. Ini momen penting yang harus disadari,” ucap dia.

Menkes Budi juga menyatakan Indonesia lagi sedang berduka terkait gugurnya sebanyak 600 tenaga medis saat melawan bahaya Covid-19.

“Kini saatnya kita untuk berduka. Karena ada banyak saudara kita yang wafat,” tutur Budi.

Budi menuturkan, ada rasa duka yang mendalam dari pemerintah dan rakyat Indonesia menyusul angka Covid-19 yang tembus 1 juta kasus hingga hari ini.

“Itu momen pertama yang harus kita lalui. Bahwa ada rasa duka yang mendalam dari pemerintah, dari seluruh rakyat indonesia atas angka ini,” kata dia.

Kemudian kedua, Budi meminta masyarakat untuk menyadari bahwa butuh kerja keras yang lebih agar pengorbanan para tenaga medis tidak sia-sia.

“Momen kedua, kita juga harus sadar bahwa kita harus terus bekerja sangat keras, sehingga pengorbanan yang sudah dilakukan teman teman kita terutama tenaga kesehatan itu tidak sia-sia,” kata Budi.