Kata Jokowi: Pasar Indonesia Jangan Dikuasai Merek Asing, Mulai Cintai Produk Kita Sendiri

Eramuslim.com – Jokowi bersama Ibu Negara Iriana menghadiri peresmian pembukaan Hari Belanja Diskon Indonesia (HBDI) dan Parade Merek Lokal Indonesia Tahun 2019, di The Hall Senayan City, Jakarta, Kamis (15/8).

Dalam sambutannya, Presiden ketujuh RI itu mengaku senang melihat banyaknya produk lokal yang dipamerkan. Dia menekankan agar merek-merek lokal Indonesia bisa menguasai pasar dalam negeri bukan brand asing, mengingat Indonesia sendiri merupakan pasar yang sangat besar.m

ā€œKita tahu pasar Indonesia ini gede sekali, pasar kita ini besar sekali. Jangan sampai pasar yang ada, yang besar ini, dikuasai oleh merek-merek luar. Jangan sampai. Saya titip ini. Tugas bapak dan ibu sekalian adalah mengisi pasar-pasar yang ada sehingga barang luar mau masuk sudah penuh,ā€ kata Jokowi.

Untuk itu, dia menginginkan agar ruang-ruang strategis di mal atau pusat perbelanjaan diprioritaskan untuk diberikan kepada merek-merek lokal, bukan untuk merek-merek dari luar negeri. Menurutnya, produk lokal Indonesia tidak kalah kualitasnya dengan barang dari luar negeri.

Presiden memberikan contoh di Australia, di mana produk-produk dalam negeri mereka selalu ditempatkan di posisi paling depan di sebuah mal.

ā€œDi Australia seperti itu. Di Australia itu cara mainnya seperti itu, produk-produk dalam negeri taruh di paling depan kalau ada mal. Kenapa kita enggak tiru strategi-strategi yang bagus seperti itu?ā€ tuturnya.

Hal itu menurutnya juga bisa menjadi satu strategi dari mal-mal untuk membantu pemerintah agar barang-barang impor tidak membanjiri Indonesia, terutama saat perang dagang terjadi seperti sekarang. Dia juga mengajak seluruh masyarakat untuk mencintai produk buatan dalam negeri.

ā€œJadi sekali lagi, tolong kita mulai kecintaan kita terhadap produk-produk kita sendiri, terhadap produk-produk dalam negeri,ā€ imbuhnya.[nn]