Katanya Demokrasi, Pencipta Lagu #2019GantiPresiden Kok Diancam Dipolisikan?

Para mantan aktivis dan kelompok yang ingin melaporkan jhon sang alang, atau mungkin sudah melayangkan laporan polisi tersebut. Sepertinya mereka semua gagal paham soal bagaimana memaknai demokrasi, karena pada akhirnya publik melihat terjadi semacam demoralisasi terhadap pemaknaan demokrasi yang dilakukan oleh kelompok tersebut yang mengatasnamakan aktivis Pro Demokrasi diera 98 silam. Artinya apa yang dulu mereka perjuangkan sebenarnya adalah tidak lebih sebagai alat untuk dapat berkuasa, namun ketika berada dalam kekuasaan cara atau model anti demokrasi mulai mereka pertontonkan dan pertunjukan dinegeri ini.

Ditengah lesunya perekonomian dinegeri ini, karena sejak hampir empat tahun berjalannya pemerintahan presiden jokowi pertumbuhan ekonomi mangkrak di angka 5%. Sebenarnya musik bisa menjadi industri yang begitu menjanjikan sebagai alternatif atau model pilihan bagi pemerintah untuk dapat menggerakkan roda perekonomian serta menggairahkan industry dan ekonomi kreatif dinegeri ini, karena industri musik sangat layak untuk diberi dukungan oleh pemerintah, agar dapat membantu pertumbuhan ekonomi nasional. Tapi sayang sepertinya pemerintah tidak banyak memberi dukungan terhadap para musisi yang kritis untuk tumbuh dan berkembang dinegeri ini.

Musik merupakan industri yang cukup menjanjikan dalam dunia showbiz. Karena begitu masifnya minat dan antusiasme para musisi muda untuk dapat terjun langsung ke dalam bidang ini. Hal tersebut menunjukkan bahwa musik punya potensi menjadi industri yang lebih besar. Untuk itu seharusnya pemerintah bisa ikut menempatkan musik sebagai salah satu sub sektor yang bisa dikelola secara lebih maksimal dan bermanfaat bagi pertumbuhan ekonomi saat ini.

Meskipun sub sektor musik punya potensi yang sangat besar bagi penerimaan pajak negara, beberapa pelaku industri musik saat ini masih banyak melihat permasalahan yang harusnya bisa segera diselesaikan oleh pemerintah. Salah satu tantangan terbesar dalam industri musik yaitu pembajakan yang masih marak sehingga menyebabkan perkembangan industri musik di Indonesia menjadi terhambat. Pembajakan tentunya menyebabkan turunnya kualitas dan kuantitas produksi musik, menurunnya apresiasi masyarakat terhadap musik, dan turunnya minat investasi di bidang industri kreatif ini.