Fadli Zon: Bubarkan BPIP, Menyesatkan Bilang Agama Musuh Besar Pancasila!

Eramuslim – Waketum Partai Gerindra Fadli Zon angkat bicara atas pernyataan Kepala BPIP Prof Yudian Wahyudi yang menyebut agama menjadi musuh besar Pancasila.

Fadli menyebut Prof Yudian sebagai tuna sejarah dan tidak mengerti Pancasila lantaran membenturkan agama dan Pancasila.

Atas pernyataannya itu, Fadli meminta BPIP sebaiknya dibubarkan karena hanya menimbulkan kekisruhan baru.

“Bubarkan sajalah BPIP ini karena justru menyesatkan Pancasila dan mengadu domba anak bangsa,” katanya melalui akun Twitternya, Rabu (12/2/2020).

Kepala BPIP yang juga Rektor UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta itu dalam wawancaranya seperti dilansir Detik.com, Rabu (12/2/2020), mengungkapkan belakangan ada kelompok yang mereduksi agama sesuai kepentingannya sendiri yang tidak selaras dengan nilai-nilai Pancasila.

“Si Minoritas ini ingin melawan Pancasila dan mengklaim dirinya sebagai mayoritas. Ini yang berbahaya. Jadi kalau kita jujur, musuh terbesar Pancasila itu ya agama, bukan kesukuan,” papar Yudian

Yudian menjelaskan seraya mengidentifikasi kelompok Ijtima Ulama yang beberapa waktu lalu menentukan keputusan politik terhadap salah satu paslon capres-cawapres.

Ia juga menjelaskan adanya organisasi Islam di luar Muhammadiyah dan NU yang dianggap tidak menggunakan asas organisasinya berdasarkan Pancasila, tetapi berdasarkan agama yakni Islam.

“Dari situlah sebenarnya Pancasila sudah dibunuh secara administratif,” ujarnya.

“Untuk mewujudkannya (Pancasila) kita butuh sekularitas bukan sekularisme. Artinya soal bagaimana aturan mainnya kita sendiri yang harus menentukannya,” kata Yudian. (psid)