Kemenag Gelar Sidang Isbat Penetapan Ramadhan 5 Mei 2019

Eramuslim – Kementerian Agama (Kemenag) kembali akan menggelar Sidang Isbat untuk menetapkan Ramadan 1440 Hijriah. Sidang akan dilaksanakan pada Minggu, 5 Mei 2019 di Auditorium H.M. Rasjidi, Kemenag, Jalan MH. Thamrin.

“Isbat awal Ramadan dilaksanakan 5 Mei, bertepatan 29 Sya’ban 1440 H,” terang Dirjen Bimas Islam Muhammadiyah Amin, di Jakarta, Jumat (26/4).

Dia mengatakan, sidang isbat akan dihadiri oleh Duta Besar negara-negara sahabat, perwakilan Komisi VIII DPR, Mahkamah Agung, Majelis Ulama Indonesia (MUI), Badan Meteorologi, serta dari Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Kemudian, hadir pula perwakilan dari Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Badan Informasi Geospasial (BIG), Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), Planetarium, pakar falak dari ormas-ormas Islam, pejabat eselon I dan II, serta Tim Hisab dan Rukyat Kemenag.

“Sidang isbat merupakan wujud kebersamaan Kementerian Agama selaku pemerintah dengan ormas Islam dan instansi terkait dalam mengambil keputusan, yang hasilnya diharapkan dapat dilaksanakan bersama,” katanya.

Proses sidang akan dimulai pukul 16.00 WIB, diawali dengan pemaparan dari Tim Hisab dan Rukyat Kemenag tentang posisi hilal menjelang awal Ramadan 1440 H. Adapun proses sidang isbatnya, dijadwalkan berlangsung selepas salat Magrib setelah adanya laporan hasil rukyatul hilal dari lokasi pemantauan.

“Hasil rukyatul hilal dan data hisab posisi hilal awal Ramadan 1440 H akan dimusyawarahkan dalam sidang isbat untuk kemudian diambil keputusan penentuan awal Ramadan 1440 H,” katanya.