free hit counters
 

Kemenhub: Proyek Kereta Cepat China Jadi Pemicu Banjir Tol Jakarta-Cikampek

Redaksi – Selasa, 10 Jumadil Awwal 1441 H / 7 Januari 2020 07:00 WIB

Eramuslim.com – Banjir sempat merendam tol Jakarta-Cikampek KM 24 di sekitar Cibitung, hingga menyebabkan arus kendaraan ke arah Jakarta berhenti total hingga puluhan kilometer. Kementerian Perhubungan mengungkapkan, proyek kereta cepat jadi pemicu banjir pada 1 Januari 2020 itu.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Budi Setyadi, menyatakan pengerjaan proyek Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) membuat saluran air di ruas tol itu tersumbat.

“Tadinya saluran air bagus tapi kemudian ditutup untuk jalan kerja mobilisasi alat berat dan sebagainya. Itulah dampaknya, kemarin (banjir) seperti itu. Jadi Pak Menteri PU juga sudah menyampaikan dan kemarin saya langsung memimpin rapat di sana sudah mempertemukan antara KCIC kemudian dari WIKA, kemudian Waskita Karya sebagai kontraktornya,” kata Budi saat menutup Posko Angkutan Natal dan Tahun Baru di Kementerian Perhubungan, Senin (6/1).

Menurutnya, dari rapat itu sudah ditetapkan langkah tindak lanjut untuk mencegah terjadinya kasus banjir serupa. Para pihak yakni proyek KCIC, serta para kontraktor seperti WIKA dan Waskita Karya sudah diminta mengatasi tersumbatnya saluran air tersebut.

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2

Berita Nasional Terbaru