free hit counters
 

Kepala Bappenas; Jika Rupiah Sentuh Rp 15.000/US$, RI Bisa Collapse

zahid – Kamis, 16 Jumadil Awwal 1440 H / 24 Januari 2019 17:30 WIB

Eramuslim – 2018 merupakan tahun yang penuh dengan tantangan. Gejolak ekonomi global yang dominan dipengaruhi normalisasi bunga acuan AS hingga perang dagang dengan China membuat seluruh ekonomi negara terguncang.

Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro mengatakan Indonesia bisa melalui tahun tersebut dengan sederet prestasi.

“Yang terbaik di tahun 2018, kami berhasil menekan inflasi dan sangat rendah 3,5%. Ini menjadi terendah sepanjang sejarah ekonomi kami,” kata Bambang di Jakarta, Kamis (24/1/2019).

“Bicara kurs, kalau rupiah menyentuh Rp 15.000/US$ terus kemarin Indonesia bisa collapse. Bank sentral berusaha memastikan stabilitas kurs menjadi Rp 14.000/US$,” imbuhnya.

Lebih jauh, pengangguran pun menurut Bambang bisa ditekan di angka 7%. Selain itu, tingkat kemiskinan juga terjaga di single digit.

“Namun memang kemiskinan masih terasa di desa-desa,” katanya.

“Masih banyak ketidakpastian dalam situasi perekonomian global. Lebih pesimistis tahun ini. Kebijakan moneter AS, proteksionisme, trade war, melambatnya ekonomi China, risiko geopolitik, harga komoditas yang melandai sampai Brexit.” (cnbc)

Berita Nasional Terbaru

blog comments powered by Disqus