Keraton Yogya Tolak Jokowi-Mega?

Eramuslim.com – Keraton Yogyakarta dikabarkan menolak kedatangan Joko Widodo dan Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri pada Sabtu (23/3/2019) lalu. Bahkan Jokowi dan rombongan tidak memberikan keterangan pers kepada awak media yang menunggunya usai pertemuan tersebut.

Meski memang, Yogyakarta sempat dikagetkan dengan adanya ancaman dari sang petahana, Joko Widodo yang akan melakukan perlawanan terhadap siapa saja yang berusaha menjatuhkan dirinya. Hal ini ia ungkapkan pada saat memberikan orasi di hadapan pendukungnya, di Stadion Kridosono Yogyakarta, Sabtu (23/3/2019) siang.

Tentunya, ini menjadi bagian yang mencuri perhatian publik, dimana seorang pemimpin berusaha mengajak masyarakat untuk merasakan keresahan pribadi yang terjadi padanya.

Tapi ini Yogyakarta, kita harus mengingat bahwa daerah istimewa tersebut adalah wilayah yang memiliki ciri khas tersendiri di Indonesia, itu karena disebut daerah istimewa.

Dimana pada kerusuhan 1998, Yogyakarta tidak mendapat pengaruh besar, meski seluruh rakyat tumpah ruah ke jalan. Mengapa? karena pengaruh Raja Keraton Yogyakarta Sultan Hamengku Buwono (HB) X jelas besar dalam menentukan keamanan di wilayahnya.