Ketua KPU Tolak TPF Kecurangan Pemilu: Kita Sudah Bekerja Sesuai Mekanisme

Eramuslim.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) buka suara soal wacana pembentukan tim pencari fakta (TPF) untuk mengusut kecurangan Pemilu serentak 2019.

Sebelumnya, banyak pihak mendesak agar TPF Kecurangan Pilpres dibentuk untuk mengungkap dugaan kecurangan masif terjadi. Sejauh ini, kedua kubu baik 01 maupun 02 juga telah mengklaim menerima ribuan laporan dugaan kecurangan.

Menanggapi hal itu, Ketua KPU Arief Budiman menilai TPF Kecurangan belum diperlukan untuk dibentuk.”Saya merasa belum sampai sejauh itu, tidak diperlukan menurut saya,” ujar Ketua KPU, Arief Budiman di Kantor KPU RI, Jakarta, Jumat (26/4).

Arif menjelaskan sampai saat ini semua tim di KPU bekerja sesuai mekanisme untuk melakukan rekapitulasi data.Soal isu dugaan kecurangan dan data tidak valid yang muncul di hadapan publik, kata Arif, hal inilah yang perlu diselesaikan hingga masyarakat paham.

“Publik harus kita edukasi supaya mereka paham dan tahu mana yang dipercaya dan tidak dipercaya informasinya,” tukasnya.(kl/rmol)