Ketua MPR Ungkap 3 Masalah Pokok di Pemerintahan Jokowi-JK

Eramuslim – Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat, Zulkifli Hasan membeberkan sejumlah masalah penting yang belum diselesaikan Presiden Jokowi dan Wakilnya Jusuf Kalla. Setidaknya, ada tiga masalah pokok yang harus diselesaikan sebelum Jokowi berniat untuk mencalonkan diri untuk 2 periode.

Pertama, Zulkifli menyoroti masih minimnya lapangan pekerjaan di Indonesia. Sebelum masa jabatan Jokowi-JK berakhir, politisi dari Fraksi Amanat Nasional ini berharap masalah lapangan pekerjaan dapat diselesaikan.

“Yang harus menjadi fokus di dua tahun terakhir (Kepemimpinan Jokowi-JK) ini yang pertama mengenai lapangan pekerjaan. Saya datang ke daerah-daerah, banyak sekali lulusan perguruan tinggi, lulusan SMA yang belum mendapat pekerjaan,” ujar Ketua Umum PAN di Universitas Hasanuddin Makassar, Selasa (10/10).

Kedua, mengenai kesejahteraan masyarakat hingga kesenjangan perekonomian. Khusus untuk kesejahteraan sangat berkaitan dengan banyaknya harga bahan pokok yang meningkat.

“Kesejahteraannya menurun, kenapa? Dulu ada lembur, sekarang enggak ada lembur lagi. Dulu, ada penghasilan tambahan, sekarang mulai berkurang. Sementara, harga-harga terus meningkat,” ucapnya.

Zulkifi melanjutkan, “Harga sembako, kebutuhan bahan pokok, garam, gula, beras, dan lain-lain harganya meningkat. Juga harga listrik, harga gas, itu juga meningkat. Sehingga, banyak keluhan, penghasilan menurun, tetapi pengeluarannya naik.”

Ketiga, Zulkifli menganggap jiwa nasionalisme masyarakat yang mulai memudar. Menurutnya, hal itu terbukti dengan masih seringnya beberapa individu atau pun kelompok yang saling berkonflik.